Buka Tangkubanparahu, BPBD Tunggu 5 Ahli

INILAH.COM, Lembang- Kepala Badan Penganggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung Barat Maman Sulaiman mengatakan, untuk mencabut rekomendasi penutupan Taman Wisata Alam (TWA) Gunung Tangkubanparahu masih menunggu hasil kajian yang dilakukan oleh 5 ahli vulkanologi dari PVMBG yang sengaja didatangkan.

"Kemarin kita juga sudah melakukan rapat, PVMBG juga sudah menghadirkan 5 ahli untuk menyelidiki kandungan-kandungan dan juga aktivitas Tangkubanparahu lebih lanjut. Untuk saat ini kita masih menunggu hasilnya," ujar Maman saat ditemui di Pos Pengamatan Gunung Api Tangkubanparahu Senin (17/9/2012).

Ketika ditanya kondisi Tangkubaparahu saat ini, dirinya mengatakan jika gunung legenda Sangkuriang tersebut masih fluktuatif dan tetap dalam status waspada. " Masih waspada, kemarin juga tremor-tremornya masih ada," kata Maman.

Disinggung soal nasib pedagang yang saat ini terkatung-katung karena tak ada pemasukan setelah tutup 2 minggu, pihaknya hanya berkonsentrasi untuk tindakan pra-bencana. Namun dia mengaku prihatin dan berharap Pemkab KBB dapat memberikan bantuan.

"Di luar konteks keselamtan saya tidak bisa memberikan statement, namun saya berharap kalau memang ada ya mohon diberikan bantuan secepatnya dari segi apapun," jelasnya.[ito]


View the original article here


Category Article ,

What's on Your Mind...